Belajar banyak hal dari membuat film

belajar film

Ada sesuatu hal yang belum pernah aku rasakan selama ini. Yaitu membuat film . Ya saya pertama kali membuat film pendek berjudul “Jomblo Ituu…” pada Maret 2013. Saya turut andil di proses pembuatan film tersebut yaitu sebagai Pembuat Cerita. Saya mengambil cerita nya tidak jauh jauh. yaitu dari pengalaman pribadi / pengalaman para remaja pada umum nya. Syukur nya banyak yang suka, banyak juga yang gak suka, hehe…

sebenarnya ini film pertama kali saya dan teman sekelas saya dulu, hmmm gimana banyak banget kesalahan dan kekurangan. tapi bersyukur dari kesalahan yang kita buat itu jadi pelajaran berharga kita. Jadi, jangan pernah takut berbuat salah. Tapi jangan salah terusan ya.


 

Film yang kedua, berjudul #PRINSIP

hahaha, ini sih film nya ah ga tau ah… saya turut andil di film ini juga sebagai Penulis skenario dan Produser . Ini film nya extrem nih, ngambil take sampe malam malam, artistic gila gila an, budget minim , ceritanya sih dulu nya teman masa kecil, dari SD – SMA mereka selalu ada di 1 sekolah. Awalnya sih kayak temen2 biasa. Tapi lama lama malah jadi suka satu sama lain gitu hehe *like a drama queen* :p

saat ini sih film nya 3/4 jadi … karena file nya ilang !!! kan ANJING !


 

Film ketiga *ini yang saya suka*

Film ketiga yang pernah saya buat yaitu “Mimpi Setinggi Mata Kaki

saya menjadi Sutradara dan Editor di film ini. Film ini bercerita tentang anak SD yang mempunyai cita cita beda dari yang lain. yaitu pergi ke kota. dia berusaha untuk mewujudkan cita cita itu bersama temannya , Budi.

Film ini pada Desember 2013 juga meraih Juara 3 di Festival Film Pelajar Jogja 2013 *syukur* (semoga terus nambah)Β  dan beberapa nominasi lainnya. ProsesΒ  pembuatan film ini sekitar 1 bulan dari development- Praproduksi – produksi – Pascaproduksi hehe…..

( behind the scene )

(trailer )


 

Dari ketiga film di atas, saya belajar banyak hal:

1. Tanggung Jawab

iya, kita harus tanggung jawab dengan pekerjaan kita sebagai kru, tidak seenaknya sendiri. Karena kita disini bekerjasama dengan banyak tenaga kerja lain, kita harus bisa mengendalikan diri sendiri dan tanggung jawab atas pekerjaan kita.

2. Disiplin

kita harus selalu disiplin terutama waktu. Kalau kita telat, syuting pun jadi telat … ingat ” time is money”. Efek domino lah kira2 kira, yang salah satu orang, lainya ikutan kena.

3. Kerjasama

ya jelaslah, ini film kan kerja tim, jadi harus kerja sama. walaupun ada crash itu harus di hindari . perkuat di proses Pra produksi nya (dimatengin)

4. Kerja keras

Iyalah, kalo kerjanya cuma sante sante sama aja gak guna. Apalagi film indie, harus kerja keras.

5. Kompak

Kita saat syuting film bisa dari 5 orang – ratusan orang loh, semua harus satu visi misi. Kalo enggak dilapangan pasti bakal terjadi adu jotos atau adu pendapat, padahal gak harus ada kayak gitu kan ? semua bisa di ‘berantemin’ di pra produksi kok . Berantem beneran juga boleh.

6. Kenalan atau orang baru

Saat kita bikin film biasanya orang nya enggak itu itu lagi kok, kita bisa dapet kenalan baru sekaligus ilmu baru, kita ambil ilmu dari teman baru kita sharing sharing pendapat dan lain lain. kali aja dia calling lu job an kan ntar. huehue.

 

[ Bisa kali calling gue job an 081329913020 ] *promosi terselubung

 

7. Banyak banget belajar dari buat film kok ….

 

Mungkin segini dulu ya bro…

jangan lupa, menonton – melihat – pahami – bikin – evaluasi !!!!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s