Film form and Film style Trip to the moon

Film form and Film style Trip to the moon

Trip To The Moon

Film Trip to the moon disutradarai oleh Melies pertama dirilis pada tahun 1902. Sang pionir film ini menurut membawakan film yang menghibur dan berbeda dari sebelumnya. Dengan basic teater dan pesulap dia pandai menghibur audience nya supaya tidak bosan. Dengan konsep teater yang dibawakan ke film ini, ini menjadi film fiksi pertama yang menerapkan konsep mise en scene.

Dan di tugas ini mengidentifikasi Film Form dan Film Style sebagai berikut :

  • Film Form (Bentuk)

 

Pada awalnya ada sekelompok orang yang menurut saya itu adalah ilmuwan yang sedang berkumpul. Mereka memperbincangkan hal dan memperdebatkannya, ada 1 pimpinan yang menjadi “coordinator atau ketua” nya disitu. Ternyata mereka meributkan teori dan cara mempraktekkan untuk pergi ke bulan. Setelah itu mereka semua setuju dan berganti baju bersiap siap untuk membikin kapsul, eh bukan.. pesawat jet ceritanya itu hehe. Setelah jadi pesawat tersebut di dorong oleh banyak perempuan . lalu jet di nyalakan atau lebih tepatnya di nyalakan seperti kembang api lalu meluncur ke bulan. Setelah sampai di bulan para ilmuwan tersebut beristirahat dan memimpikan memimpikan hal hal lucu, seperti membayangkan planet. Lalu turun salju dll. Lalu para ilmuwan tersebut masuk ke dalam ke goa untuk menelusuri bulan.tiba tiba ada seorang ilmuwan menancapkan payung ke dekat jamur lalu menjadi jamur dan bertumbuh dengan cepat.Lalu datang lah alien untuk menyerang para ilmuwan tersebut. 1 alien mati dengan sekali pukul. Lalu munculah temannya alien ini dengan sangat banyak dan mereka di tawan lalu dihadapkan ke pimpinan alien mereka. Setelah sampai ruangan pimpinan alien, para ilmuwan ini membantai hanya sekali dijatuhkan saya lalu kembali ke pesawat jet nya untuk balik lagi ke bumi, para alien tersebut mengejar ngejar dan ikutlah 1 alien jatuh dari bulan..

Setelah sampai bumi , para ilmuwan tersebut berenang dan kembali ke bumi dengan sambutan yang meriah oleh masyarakat. Para ilmuwan mendapatkan penghargaan dan munculah 1 alien yang ikut jatuh ke bumi tadi.

Karakter karakter dalam film ini adalah :

–           Para ilmuwan

Selalu berusaha mewujudkan keinginan mereka pergi ke bulan, kompak terhadap sesame dan tidak putus asa untuk tetap ke bulan dan juga kembali.

–           Alien

Resek dan tidak suka diganggu oleh pengunjung / mahluk lain.

 

  • Explicit Meaning

Ribut rebut dan berdebat sesame ilmuwan

  • Implicit Meaning

Merumuskan dan memecahkan masalah tentang tujuan mereka yang ingin berkunjung ke bulan. Musyawarah dan akhir nya semua mufakat atau setuju.

 

 

  • FILM STYLE (Gaya)

 

  • Sinematografi

Kebanyakan film ini memakai one shot saja dengan angle yang flat . dengan gambar yang hitam putih film ini tetap berwarna dengan banyaknya background yg bermacam macam sehingga tidak monoton dan reaksi yang tidak membuat penonton bosan. Walaupun minim teknis tetapi pada saat editing continounity pengambilannya sangat rapi tidak terlalu jumping.

 

  • Mise En Scene

Melies basic nya memang sutradara teater, sehingga banyak menggunakan property / artistic dalam film nya itu mengapa menggunakan one shot. Property yang digunakan sangat bermacam macam. Mulai dari melukis background ,membuat pesawat jet, bulan dll. Secara artistic saya akui jempol di film ini karena membuat film ini menjadi pionir dalam mise en scene.

 

  • Editing

Film ini membuat saya terkesan karena menggunakan teknik cutting yang enak dalam membunuh alien, dsb. Dan juga mem “blending” shot 1 dengan yang lain dimaksudkan memberi visual efek di film ini. Film pada tahun 1902 tetapi menggunakan visual efek. Menurut saya keren sekali.

 

  • Suara

Sama seperti film film lainnya pada zamannya, di zaman pembuatan film ini tidak ada alat yg mampu merekam suara dengan baik, sehingga suara dalam film ini hanya menyuguhkan music saja. Seperti biasa, music yang di pakai bisa dibilang cocok dengan yang ada di visual / gambar secara emosi nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s