Film Style Battleship potemkin

Film Style Battleship potemkin

Film Style

 

Sinematografi

 

Saya tertarik dengan sinematografi di film ini. Sergei Eisenstein selaku sutradara membedah adegan menjadi beberapa shot (decoupage) sehingga menjadikan shot nya terasa banyak dan tidak terlalu membosankan. Salah satu kekuatan di film ini adalah decoupage nya yang kuat. Dia juga membuat pengulangan dalam beberapa shot untuk menggaris bawahi atau mempertegas suatu shot untuk hal hal tertentu. Ditambah dengan continounity nya yang sangat halus, terasa tidak jumping menjadikannya gambar ini terasa hidup.

Banyak angle camera yang bagus, sudah menggunakan Low Angle, High Angle, eye level. Shot shot nya disinipun beragam, terlihat padat, dan ada juga terlihat wide. Shot shot yang di ambil disini mayoritas still, tetapi hal itu menarik karena adanya decoupage yang sudah saya jelaskan di atas tadi, dengan ada nya banyak shot dan pengulangan menjadikan film ini tidak bosan bosan nya di tonton.

 

Difilm ini walaupun hitam putih, mereka tidak melupakan pencahayaan (Lighting). Lighting di film ini sangat bagus, menunjang realitas di film ini sehingga terkesan seperti asli nya, terutama untuk menggambarkan cahaya matahari di dalam kapal, menjadikan orang yang di shot (didalam kamera) terlihat menjadi ada 2 sisi, yaitu terang gelap. Kontras di film ini tidak terlalu tinggi, dan lebih focus ke gambar gambar yang kualitas nya bagus dan detail nya “apik”.

 

Mise En Scene

 

Kebanyakan kebutuhan mise en scene di film ini cuma untuk kebutuhan sesuai cerita saja, tidak ada eksplorasi yang berlebihan yang ingin di tunjukan sutradara nya. Kecuali dalam hal pemanfaatan set dengan melibatkan banyak orang atau (figuran). Untuk pencahayaan, saya suka seperti yang saya jelaskan di atas, ada Keylight dan fill light yang menunjang emosi dan arti dalam film ini. Untuk Point of Interest kebanyakan di letakan di tengah tengah frame, tidak terlalu menggunakan Rule of Third kalau di film ini. Dan juga untuk point of interest, disini juga memanfaatkan bentuk (shape) yaitu dengan bangunan yang lebih besar atau benda yang lebih besar. Misalnya tembok, kapal, layar kapal. Untuk make up dan wardrobe , hanya sesuai dengan kebutuhan realitas, hanya menggambarkan rakyat, mariner, dan lain lain. Tetapi ada juga yang menarik yaitu dalam pewarnaan bendera yang berwarna merah itu juga menjadi hal menarik, karena pada jaman itu masih menggunakan black white. Properti yang digunakan sama seperti realita yang ada di kapal kapal atau kejadian sehari sehari di kapal.

 

Editing

 

Film film rusia (uni soviet) terkenal dengan montage rusia. Sergei Eisenstein sediri menggunakan beberapa teknik ciptaannya yaitu Rythmic Montage.

Teori ini lebih melibatkan hampir seluruh aspek film secara menyeluruh karena selain pemotongan berdasarkan waktu. Cutting point disini sangatlah halus sekali membuat penonton merasa nyaman dan tidak resah karena film yang tiba tiba cutting tidak enak. Dan juga continounity di film ini sangat lah bagus hal itu disebabkan Cutting point yang bagus itu tadi. Juga aspek komposisi visual, pengaturan mise en scene, screen direction bahkan suara juga sangat diperhatikan dalam pemotongannya.

 

Suara

Film ini tidak menggunakan dialog dalam penuturannya, tetapi masih tetap menggunakan music. Musik dalam film ini sangat lah berfungsi dan membantu sekali, seperti gambar kalau tidak sanggup menjelaskan, gambar tidak efisien dan tidak efektif, Suara disini juga menunjang mood, suasana atau perasaan dan juga suara menunjang realitas walaupun hanya suara tembakan saja difilm ini. Adegan adegan pun dibangun dengan menggunakan music music yang di lantunkan di film ini, dan juga sangat merasuk ke film ini. Misal suasana sedang tegang, music berubah menjadi cepat dan ramai sesuai mood menjadi tegang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s