Sinema Sabtu : Tjokroaminoto

Sinema Sabtu : Tjokroaminoto

FFTV IKJ mengadakan screening dan diskusi film yang bernama Sinema Sabtu. Acara ini ada setiap hari Sabtu di Gedung Art Cinema, Institut Kesenian Jakarta. Sinema Sabtu sendiri digawangi oleh IKAFI (Ikatan Alumni FFTV IKJ) dan juga para Mahasiswa dari FFTV IKJ sendiri. Sinema Sabtu memutarkan film setiap minggu nya dengan konsep ” Film Alumni IKJ dan Non Alumni IKJ” yang di putar secara bergantian seminggu sekali. Misal, Minggu ini lulusan dari IKJ, minggu besok kita undangkan non Alumni IKJ, paham kan perumpamaannya, hehe. Acara ini sangat sangat keren, karena disini kita bukan hanya menonton film saja, tetapi kita juga bisa berdiskusi langsung dengan para pembuat film nya.

12088000_429048327292812_7920012331749727331_n
Poster sinema sabtu

Dalam kasus ini kita membahas kejadian tanggal 10 Oktober 2015. Film yang kita undang adalah film Tjokroaminoto disutradai oleh Garin Nugroho.Pada Screeningan ini Sinema Sabtu mengundang beberapa filmmaker nya, yaitu:

Dewi Umaya Rachman (Produser)
M. Nayaka Untara (Produser)
Ipung Rahmat Syaeful (Director of Photography)
Wawan I. Wibowo (Editor)
Allan Sebastian (Art director)

Nb: Namun disini Allan Sebastian selaku Art director nya tidak datang karena berhalangan.

Lanjut yaa, Acara ini dimulai dari pukul 14:00 – 18.00 dengan rundown acara Menonton film Tjokroaminoto berdurasi 160 menit, lalu break selama 15 menit dan dilanjutkan berdiskusi dengan filmmakernya. Film ini di putar di ruangan Sjuman sampai sampai ruangan itu FULL HOUSE, sampe berdempet dempetan, ada yang berdiri dan lain sebagainya. Tapi semua itu tergantikan dengan karena kami semua senang, terhibur dan mendapat banyak pelajaran dari film tersebut. Ditambah Saat break, kita dapat camilan makanan khas pasar yang enaaaak.

12088445_429407567256888_883377841808599275_n
Foto dari facebook IKAFI
  • Lalu setelah break, kita semua kembali ke dalam ruang Sjuman untuk melanjutkan agenda yang udah ada, yaitu sesi diskusi dan tanya jawab. Dengan di Bawakan (baca: MC) oleh ketua IKAFI yaitu mas Indrayanto Kurniawan, acara ini berlangsung dengan ringan dan menarik. Mbak Dewi Umaya dan Mas Naya selaku produserΒ  yang bercerita tentang tahapan proses pembuatan film Tjokroaminoto ini, dan itu membuat saya terkesima dan langsung “ngefans”, karena apa ? Saya melihat dan mendengarkan dia bicara, bahwa statemen dia sudah jelas kalau dia itu produser yang cerdas! bukan hanya produser yang sekedar cari untung, tetapi sekaligus berniat memajukan Film Indonesia. *Plok Plok Plok, Applause*. Dia juga membuat film ini dengan Visi ingin memberi tahu kepada Masyarakat Indonesia, khusus nya anak muda supaya bisa tahu siapa Tjokroaminoto dan gagasan gagasannya.
  • Lalu Mas Naya juga disini sebagai cicit nya Tjokroaminoto bercerita ide pembuatan film ini berawal dari tahun 2011, hingga akhirnya bertemu dengan Dewi Umaya pada tahun 2012 – 2013. Lalu mereka mengumpulkan informasi, riset dan akhirnya dimulailah pembuatan draft 1 yang dibuat hampir 1 tahun.
  • Mas Ipung juga disini bercerita pengalaman terlibat di film ini. Awalnya dia agak minder juga, karena dia belum pernah bekerjasama dengan Garin Nugroho yang bisa di katakan Seniornya dulu di kampus, dan juga Garin biasa memakai DOP luar.Β  Tapi dia akhirnya bisa membuat melakukannya dengan baik dan memuaskan.
  • Dan juga ada Editor nya, Wawan I. Wibowo. Ini adalah film biopik ke sekian kali nya yang ia edit. Dia bercerita dengan stok footage seperti itu, Film ini bisa diedit lagi menjadi 5 film, karena ada kemungkinan kemungkinan cerita lain yang bisa dibuat.

By the way, Dari diskusi kemarin, saya sebagai mahasiswa puas dan senang sekali karena yang mereka bicarakan didepan adalah ilmu yang mereka tularkan kepada kita. Omongannya sangat berbobot dan juga menghibur. Intinya gitu deh.

Bagi kalian yang belum pernah datang ke Sinema Sabtu. Ayok buruan dateng, Gak bakal nyesel lah pokoknya! Udah yaa… Sekian duluuu dan MAJU TERUS FILM INDONESIA !

Bakal ada Tulisan saya selanjut nya Sinema Sabtu: Jendral Soedirman.

Ditunggu ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s