cerita bikin film: Gantian Kali yaak

cerita bikin film: Gantian Kali yaak

hai hai, gue minggu lalu bikin film nih, bareng kelompok gue, untuk keperluan tugas untuk mata kuliah SUARA II. Nah tentunya aspek yang paling dinilai untuk film ini adalah ‘sound’ nya untuk memenuhi kriteria nilai nya nih disini kami diharuskan membuat film yang ada unsur dialog, musik dan soundfx nya. Nah film ini tuh cerita nya tentang seorang suami istri yang berebut remot tv gitu sih. ide nya gak jauh jauh, cuma dari pengalaman pribadi aja. nah disini gue pengen cerita aja gimana proses pembuatannya. Disini kami memaksimalkan konsep seadanya dan budget seadanya. tapi sebisa mungkin memaksimalkan segi sound nya. karena kita juga masih pusing mikirin tugas penyutradaraan 2. Dan kebetulan gue pegang Sound recordist dan post nya. Oiya, ini kelompok gue kalo lu mau tau :

William (Produser, boomer), Zaid (sutradara), sekar (pimpro, art director), syafiq & Dara (skenario), mamad (dop), ageng (sound recordist, sound design, editor), satrio (clapper).

115058
zaid, sutradaranya (baju putih, tengah) sedang mengarahkan pemain

Untuk talentnya kita memakai teman kampus aja sih, biar ga terlalu repot jg karena waktu itu udah deadline banget. Adhi sebagai BAPAK dan Luna sebagai IBU dan juga kita cuma merekam gambar dengan kamera 7D merk canon dan merekam suara dengan zoom h4n dan mic boom nya. Lumayan sih tantangannya, kita syuting di kampus yang berhadapan langsung dengan gedung yang sedang dibangun. kebayang kan ya … TENG TENG TENG GEDEBUK GUBRAK PYARRRR CREEEENG. Gitu lah ya kira kira suara yang keluar dari gedung itu kalo diistilah in dalam bentuk tulisan. tapi agak bisa diakali pakai selimut atau kain gitu deh untuk nge reduce noise sedikit wkwkwk. agak ngawur memang.

115056
mamad (dop) lagi pegangin boom pole yang lagi dibenerin mic nya sama william (produser, boomer)

alhasil, hasilnya lumayan lah, bisa lumayan jelas suaranya. Trus untuk sound nya gue edit di studio, Kamar nya Fajar. Pake software cubase, disitu gue belajar juga sama fajar gimana cara pake Cubase dan gimana ngepost yang bener. Kenapa di studio fajar ? karena di studio nya sidoy speaker sound nya lumayan bener lah, ketimbang pake headset huehue. Udah duls kali yak tunggu tulisan gue yang lain yak.

Mau tau cerita produksi film gue selanjutnya ? silahkan mampir di Cerita bikin film :

Tinggalkan Balasan

